Inilah 10 URL Yang Membuat Google Mengetahui Tentang Diri Anda

Ternyata Google bukanlah hanya sekedar sebuah raksasa pencarian saja. Google adalah juga merupakan sebuah “rumah” dari banyak produk favorit Anda katakanlah misalnya: Gmail, YouTube, dan Chrome, dan itu hanya beberapa nama saja yang saya sebutkan. Selain itu, Google juga menawarkan banyak produk yang cukup membantu untuk melacak data Anda.

Banyak sekali hal yang tersembunyi jauh di dalam sebuah Akun yaitu dibalik sebuah halaman “My Account dashboard”, yang mungkin masih banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Alat-alat yang tersembunyi dapat mengungkapkan rincian menarik tentang penggunaan berbagai macam layanan Google yang pernah Anda lakukan.

Disini telah disusun daftar URL Google yang cukup penting yaitu beberapa alat tersembunyi yang membawa informasi dari apa saja yang pernah Anda lakukan dengan Google, sebagian besar dari penelusuran yang telah Anda buat pada banyak produk nya, pencarian suara dan ketika mengetik pencarian Google yang telah Anda buat.

Apakah Anda siap untuk mencari tahu bagaimana Google mengetahui tentang Anda?

1. Google Dasbor

Google Dasbor menawarkan transparansi dan kontrol atas data pribadi yang disimpan dengan Akun Google Anda. Anda dapat melihat dan mengelola data yang dihasilkan dari aktivitas Anda pada berbagai layanan Google seperti Search, Gmail, Chrome dan YouTube. Merangkum data untuk setiap produk yang Anda gunakan dan memungkinkan preferensi pengaturan untuk produk akun pribadi.

Buka
https://www.google.com/settings/dashboard 

Google Dasbor
Google Dasbor

2. Sandi Yang Tersimpan

Saved Password adalah alat untuk melihat username dan password (disimpan dengan Google Smart Lock) yang pernah Anda ketik dan disimpan di Google Chrome dan Android untuk masuk ke berbagai website. Kredensial yang disimpan akan disinkronkan dan dapat diakses pada berbagai perangkat Anda.

Saved Password: https://passwords.google.com/
Google Smart Lock: http://get.google.com/smartlock/ 

Saved Passwords
Saved Password

3. Aktivitas Web & Aplikasi (History)

Selain menampilkan daftar istilah pencarian terakhir yang telah Anda buat pada Google Search, Web & Aplikasi, juga membawa informasi tentang konten apa saja yang telah Anda jelajahi melalui Chrome dan aplikasi lainnya. Anda dapat menyesuaikan data apa yang akan disimpan dan juga dapat menghapus beberapa atau semua penelusuran dan riwayat browsing. Anda juga dapat menonaktifkan sepenuhnya, atau juga dapat menonaktifkan penyimpanan pencarian serta riwayat web.

Google Search, Web & Aplikasi: https://history.google.com/

Aktivitas Web & Aplikasi
Aktivitas Web & Aplikasi

4. Aktivitas Suara & Audio

Aktivitas Suara & Audio berisi input suara dan audio yang Anda kirimkan ke Google selama pencarian. Ini dapat menjadi pencarian audio yang pernah diucapkan ke dalam kotak pencarian Google Penelusuran atau perintah suara dan permintaan pencarian yang telah dilakukan melalui Google Now. Anda dapat mengontrol total data ini dan dapat menghapus item atau memperbaharui pengaturan kapan saja yang Anda butuhkan melalui link ini.

Aktivitas Suara & Audio: https://history.google.com/history/audio

Aktivitas Suara & Audio
Aktivitas Suara & Audio

5. Informasi Perangkat

Informasi Perangkat atau Device Information memungkinkan Anda untuk dapat memeriksa data yang dikirim dari perangkat Anda ke Google. Ini menampilkan semua informasi seperti kontak, aplikasi dan data aplikasi, sistem, perintah audio atau permintaan pencarian dan data perangkat lain yang di unggah oleh perangkat Anda ke server Google. Ini membantu untuk mengidentifikasi informasi apa saja dari Anda yang didapat dari perangkat.

Device Information:https://history.google.com/history/device

Device Information
Informasi Perangkat

6. Riwayat Tontonan dan Riwayat Pencarian Youtube

Riwayat Tontonan YouTube mencatat daftar semua video yang pernah Anda lihat di YouTube ketika sedang login melalui akun Google Anda. Riwayat Penelusuran YouTube berisi semua item pencarian yang pernah Anda ketik di YouTube. Pencarian tersebut disimpan oleh Google kemudian digunakan untuk menampilkan iklan yang relevan dan saran video yang lebih baik. Anda dapat menghapus riwayat item per item atau seluruh riwayat sekaligus dan bahkan dapat menghentikan sementara perekaman riwayat.

Riwayat Tontonan YouTube: https://www.youtube.com/feed/history
Riwayat Penelusuran YouTube: https://www.youtube.com/feed/history/search_history
Riwayat Tontonan YouTube
Riwayat Tontonan YouTube

7. Riwayat Lokasi

Riwayat Lokasi menunjukkan semua tempat yang mungkin telah dilaporkan (sebagai lokasi terakhir) ke server Google oleh perangkat Android Anda. Hal ini digunakan oleh produk Google seperti Search, Google Now dan Iklan untuk menampilkan informasi yang berguna dan relevan berdasarkan pada lokasi di mana Anda berada.

Anda dapat menghidupkan atau menonaktifkan fitur ini, memeriksa semua riwayat lokasi Anda, dan menghapus lokasi tertentu atau seluruh riwayat dari lokasi Anda.

Riwayat Lokasi: https://maps.google.com/locationhistory

Riwayat Lokasi
Riwayat Lokasi

8. Kontrol Iklan

Setelan Iklan menampilkan profil iklan yang dibuat oleh Google berdasarkan dari apa yang diketahui tentang Anda dari profil Google+, web & aplikasi, iklan yang Anda klik, dan lain-lain. Google menggunakannya untuk menampilkan iklan yang paling relevan yang membuat Anda lebih cenderung untuk mengklik atau mengikuti. Anda dapat memilih keluar dari iklan berbasis minat pada iklan Google, YouTube dan Google di seluruh web dari halaman ini.

Setelan Iklan: https://www.google.com/ads/preferences/ 

Kontrol Iklan
Kontrol Iklan

9. Perizinan Aplikasi

Perizinan Aplikasi menunjukkan kompilasi dari semua hal yang dimiliki sebagian ataupun akses penuh ke akun Google Anda. Ini menunjukkan daftar yang terhubung dan diizinkan oleh perangkat Android, aplikasi mobile dan game, aplikasi web dan situs web, ekstensi browser dan Script Google. Anda dapat mencabut akses ke salah satu item yang terdaftar jika Anda tidak lagi ingin item tersebut dapat mengakses akun Anda.

Perizinan Aplikasi: https://security.google.com/settings/security/permissions
Perizinan Aplikasi
Perizinan Aplikasi

10. Aktivitas Akun

Aktivitas akun menunjukkan semua kegiatan sign-in yang berkaitan dengan akun Google Anda. Ini memungkinkan Anda untuk melihat semua perangkat yang telah aktif dalam 28 hari terakhir atau sedang login ke akun Anda. Anda dapat menghapus akses akun untuk perangkat Android ini, tapi sayangnya Anda tidak dapat mencabut akses untuk sesi browser. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, Anda selalu dapat mengamankan akun Google Anda.

Aktivitas akun: https://security.google.com/settings/security/activity
mengamankan akun Google: https://security.google.com/settings/security/secureaccount 
Aktivitas akun
Aktivitas akun

Bonus

Berikut adalah dua alat yang mungkin ingin Anda coba dan gunakan, yang pertama memungkinkan Anda dapat mendownload semua data Anda yang telah diarsipkan oleh Google dan yang kedua memungkinkan Anda untuk melihat apa yang terjadi pada akun google Anda yang sedang tidak aktif.

Data Tools

Data Tools memungkinkan Anda dapat mengambil semua data yang dikumpulkan dan disimpan dari Google. Fitur ini menciptakan arsip download data tunggal dari berbagai produk Google yang digunakan seperti Google Foto, Kontak, pesan Gmail, file Google Drive, video YouTube dan data berlangganan, catatan, dan lain-lain. Anda memilih untuk men-download semua atau hanya men-download beberapa data yang Anda butuhkan saja.

Buka: https://www.google.com/takeout

Data Tools
Data Tools

Pengelola Akun Tidak Aktif

Pengelola Akun Tidak Aktif memungkinkan Anda dapat mengatur apa yang terjadi pada akun Google Anda jika sudah tidak aktif untuk waktu yang lama. Anda perlu login ke akun Gmail Anda satu kali setiap sembilan bulan berdasarkan kebijakan program (http://www.google.com/mail/help/intl/en/program_policies.html) Google, atau Google akan menonaktifkan atau menghapus akun Anda. Anda dapat menggunakan halaman ini untuk melindungi akun Anda dari penonaktifan oleh google karena tidak aktif.

Pengelola Akun Tidak Aktif: https://www.google.com/settings/account/inactive
Pengelola Akun Tidak Aktif
Pengelola Akun Tidak Aktif

Anda dapat mengatur periode batas waktu dan alert pemberitahuan ke ponsel Anda atau email, memungkinkan berbagi data dengan orang yang terpercaya, atau menghapus akun Anda sepenuhnya setelah batas waktu tertentu.

Pencarian Masuk:

  • aktifas pa saja yang dapat di arsipkan akun google
  • download pengelola akun curian

Leave a Reply

0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble